Rabu, 08 Oktober 2008

Berbagai Kebaikan di Dunia dan di Akhirat Sebagai Balasan Atas Kesabaran

Al Qur'an menjelaskan berbagai kebaikan di dunia dan di akhirat sebagai balasan atas sabar, yaitu sukses di dunia dan kemenangan di akherat, dimasukkan ke dalam surga dan terhindar dari siksa api neraka serta memperoleh seluruh kebaikan yang didambakan tiap orang atau masyarakat. Tentu saja sangat tergantung dari mutu kesabarannya.

Kebaikan kebaikan yang dijelaskan dalam Al Qur'an diantaranya ialah :

  1. Alloh menyertai orang orang yang sabar

    "Sesungguhnya Alloh beserta orang orang yang sabar". (Al Baqarah : 153)

  2. Alloh sayang kepada mereka yang sabar

    "Dan Alloh menyukai orang orang yang sabar ". (Ali Imraan : 148)

  3. Orang orang sabar memperoleh berkah yang sempurna, rahmat dan petunjuk.

    "dan berikanlah berita gembira bagi orang orang yang sabar." (Al Baqarah :155)

    "Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Rabbnya dan mereka itulah orang orang yang mendapat petunjuk." (Al Baqarah : 157).

  4. Orang sabar memperoleh pahala lebih baik dari apa yang dikerjakan.

    "Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan". (An Nahl : 96).

  5. Orang sabar pahalanya dicukupkan tanpa batas.

    "Sesungguhnya hanya orang orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas". (Az Zumar : 10).

    Itulah sebabnya Alloh menjanjikan pahala tanpa batas kepada mereka yang berpuasa. Karena puasa merupakan latihan kesabaran.

  6. Orang sabar dijanjikan pertolongan Alloh.

    "Ya, jika kamu bersabar dan bersiap siaga dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Alloh menolong kamu dengan lima ribu malaikat yang bertanda". (Ali Imraan : 125)

  7. Orang sabar memperoleh derajat kepemimpinan dalam dien.

    Syekhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: Dengan sabar dan yakin tercapailah kepemimpinan dalam dien. Kemudian ia membaca Firman Alloh : "Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar dan selalu meyakini ayat ayat Kami". (As Sajdah : 24).

    Al Imam Sofyan Ibnu Uyainah setelah membaca ayat ini berkata "Mereka mengambil pokok masalah (sabar dan yakin) lalu menjadikan mereka pemimpin.

  8. Orang sabar dipuji Alloh sebagai manusia Utama.

    "Jika kamu bersabar dan bertaqwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan". (Ali Imraan : 186)

    "tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian termasuk urusan urusan yang diutamakan". (Asy Syuura : 43)

    "dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Alloh)". (Luqman : 17)

  9. Alloh melindungi orang sabar dari tipu daya musuh.

    "Jika kamu bersabar dan bertaqwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudloratan kepada kamu. Sesungguhnya Alloh mengetahui segala apa yang mereka kerjakan". (Ali Imraan : 120).

  10. Orang sabar layak masuk surga

    "dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutra". (Al Insaan: 12).

    "Mereka itulah orang orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat didalamnya". (Al Furqaan: 75)

    "Malaikat malaikat masuk ke tempat tempat mereka dari semua pintu. (sambil) mengucapkan salam unutk kalian karena kesabaran kalian. Alangkah baiknya tempat kesudahan itu". (Ar Ra'ad : 23-24).

  11. Orang sabar dapat mengambil pelajaran dari sejarah perintah Alloh kepada Nabi Musa as.

    "Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari hari Alloh. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda tanda (kekuasaan Alloh) bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur". (Ibrahim: 5).

    "Kami jadikan mereka buah mulut dan Kami hancurkan mereka sehancur- hancurnya. sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda tanda (kekuasaan Alloh) bagi setiap orang sabar lagi bersyukur". (Saba: 19)

    Firman Alloh tentang armada laut yang besar.

    "Jika Dia menghendaki akan menenangkan angin. Maka jadilah kapal kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda tanda (kekuasaanNya) bagi setiap orang yang banyak bersabar dan banyak bersyukur". (Asy Syuura: 33)


Dari buku : AL QUR'AN MENYURUH KITA SABAR (DR. YUSUF QORDHOWI)

Tidak ada komentar:

Wassalaamu'alaikum